Cara Penularan DBD Yang Harus Diwaspadai

5/5 - (4 votes)
Cara Penularan DBD Yang Harus Diwaspadai

Indonesia sudah memasuki musim penghujan, beberap waktu ini hujan deras sudah mengguyur beberapa daerah. Dengan begitu banyak sekali area genangan air yang akan terjadi. Ditambah masalah sampah yang hingga saat ini belum bisa teratasi. Menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembangbiak, dengan begitu serangan daripada nyamuk lebih mengganas. ada beberapa cara penularan dbd yang masih dibahas.

Pada fase awal DBD, gejala dan tanda tidak spesifik. Oleh karenanya, patut waspada jika terdapat gejala dan tanda mengarah pada demam berdarah. Beberapa gejala DBD termasuk muncul bintik-bintik merah atau ruam kulit, demam tinggi mendadak berlangsung sepanjang hari (biasanya ≥ 39º C), badan terasa lemah dan lesu, ujung tangan dan kaki dingin berkeringat, nyeri kepala, nyeri punggung, serta mual dan muntah.

Bagaimana Cara Penularan DBD Lainnya?

Menurut badan kesehatan dunia(WHO) ada 3 cara penularan nyamuk DBD, berikut ini 3 cara tersebut

  1. Penularan dari Nyamuk ke Manusia
    Ini merupakan cara penyebaran yang sering terjadi, virus dengue yang ditularkan berasal nyamuk betina yang terinfeksi. Setelah menginfeksi, virus akan memperbanyak diri dan tersebar di berbagai jaringan tubuh nyamuk termasuk dalam kelenjar ludah.
  2. Penularan dari Manusia ke Nyamuk
    Cara penularan ini terkesan sangat susah dipercaya, tetapi penularan ini bisa berasal dari seseorang yang memiliki gejala infeksi dengue, seseorang yang belum memiliki gejala infeksi (pre-symptomatic), tetapi juga orang yang tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit (mereka asimtomatik).
  3. Penularan dari Manusia ke Manusia (Ibu ke Anak)
    Cara paling utama melalui manusi dengan nyamuk, akan tetapi ada bukti kemungkinan penularan ibu(ibu hamil ke bayi). Sementara tingkat penularan tampak rendah, dengan risiko penularan vertikal tampaknya terkait dengan waktu infeksi dengue selama kehamilan. Ketika seorang ibu memiliki infeksi DBD saat dia hamil, bayi mungkin menderita kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan gawat janin.

Setelah kita mengetahui cara penularan DBD tersebut, diharapkan kita lebih waspada terhadap penyebaran nyamuk. Jika dirasa nyamuk telah menyebar luas, kalian bisa menggunakan jasa fogging untuk membasmi mereka.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *